BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR BELAKANG
Karya Tulis
Ilmiah dengan judul RUANG LINGKUP TEKNIK INFORMATIKA ini adalah untuk
memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya mengenai ruang lingkup teknik
informatika yang mana selama ini mungkin orang-orang yang mengetahui tentang
teknik informatika belum mengetahui secara detail tentang ruang lingkup yang
ada di teknik informatika.Maka dari itu, penulis membuat karya tulis ini dengan
tujuan untuk mengingatkan bahwa sebagai orang yang ahli di bidang teknik
informatika,orang tersebut haruslah mengetahui berbagai seluk-beluk yang ada di
teknik informatika terutama dalam hal ruang lingkup teknik informatika.
Menurut
penulis,ruang lingkup teknik informatika merupakan bukan sesuatu hal yang
utama,sehingga banyak yang mengabaikannya. Padahal hal utama yang perlu
diketahui oleh seseorang yang menyukai teknik informatika adalah mengetahui
serta memahami ruang lingkup teknik informatika. Ruang lingkup teknik
informatika sangatlah perlu untuk diketahui karena dengan mengetahui itu semua
kita akan lebih mudah untuk mengenali dan mengetahui apakah teknik informatika
itu secara lebih dalam dan lebih jelas.
1.2.RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang ada
di atas maka timbul suatu masalah :
a.
Apakah
sajakah ruang lingkup dari TI ?
b.
Bagaimana
penjelasan mengenai ruang lingkup TI tersebut ?
1.3.TUJUAN
Penulis membuat karya tulis ilmiah
agar kita sebagai orang yang ahli di bidang teknik informatika bisa mengetahui
secara lebih jelas mengenai ruang lingkup ti.Untuk orang yang awwam dengan
teknik informatika agar bisa mengetahui ruang lingkup teknik informatika
walaupun belum mengeathui secara penuh / maksimal.
1.4.CARA PENGUMPULAN DATA
Penulis memperoleh data untuk
menulis karya tulis ilmiah ini dari browsing di internet dan mencari
referensi-referensi karya tulis ilmiah di internet.
1.5.RUANG LINGKUP
Penulis mengambil ruang lingkup dari
permasalahan yang timbul di kalangan ahli teknik informatika.
BAB
II
PEMBAHASAN
1.1.
Definisi dan
ruang lingkup TI
A. Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang
mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain
di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi
dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah
intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense
Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan
sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini
dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang
berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi
dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia
ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah
sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga
diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau
"pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke
luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer
pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada
tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn
mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di
Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu
Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment
di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di
ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis
dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.
Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon
televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan
video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun
1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau
IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer
tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di
negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan
jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus
memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer
yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak
kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah
tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor
dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang
lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau
Worl Wide Web.
Tahun
1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta
komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk
pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia
langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus
kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Secara
umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses
ke internet . Berikut
ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
1. Informasi untuk
kehidupan pribadi : kesehatan,
rekreasi, hobby,
pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2. Informasi untuk
kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi
profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
B. Nama domain
Nama domain (domain name)
adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer
seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.
Nama Domain berfungsi
mempermudah pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat
server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang
dikenal IP address. Nama domain juga di kenal sebagai sebuah kesatuan dari
sebuah situs web.
Sebagian besar pengguna Internet lebih menyukai
penggunaan Domain Level Tinggi ini. Setiap orang boleh memiliki Domain ini
tanpa perlu persyaratan yang rumit kecuali domain edu,mil,travel. Contoh Domain
Level tinggi /GTLD :
1.
.Com : di gunakan
untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
2.
.Net : di gunakan
untuk kepentingan network infrastruktur.
3.
.Org : di gunakan
untuk kepentingan organisasi.
4.
.Info : di
gunakan untuk kepentingan informasional website.
5.
.Name : digunakan
untuk kepentingan keluarga atau personal.
6.
.Edu : digunakan
untuk kepentingan website pendidikan, terbatas hanya utk pendidikan.
7.
.Mil : digunakan
untuk kepentingan website angkata bersenjata amerika, terbatas hanya utk
Militer.
8.
.biz : digunakan
untuk kepentingan Bisnis.
9.
.tv : digunakan
untuk Entertainment seperti Televisi, Radio, majalah.
10. .travel : digunakan untuk Bisnis Pariwisata.
11. .xxx : digunakan untuk
Pornografi (masih di ajukan).
Berikut ini daftar domain dari beberapa negaranya :
ac – Ascension
.ad – Andorra
.ae – Uni Emirat Arab
.af – Afganistan
.ag – Antigua dan Barbuda
.ai – Anguilla
.al – Albania
.am – Armenia
.an – Antillen Belanda
.ao – Angola
.aq – Antartika
.ar – Argentina
.as – Samoa Amerika
.at – Austria
.au – Australia
.ad – Andorra
.ae – Uni Emirat Arab
.af – Afganistan
.ag – Antigua dan Barbuda
.ai – Anguilla
.al – Albania
.am – Armenia
.an – Antillen Belanda
.ao – Angola
.aq – Antartika
.ar – Argentina
.as – Samoa Amerika
.at – Austria
.au – Australia
C. Keamanan jaringan
Keamanan
jaringan mencakup berbagai jaringan komputer, baik negeri maupun swasta, yang
digunakan dalam pekerjaan sehari-hari melakukan transaksi dan komunikasi di
kalangan bisnis, instansi pemerintah dan individu.
Jika diamati
mengenai keamanan maka keamanan jaringan komputer dapat ditinjau dari segi
bentuknya yaitu seperti berikut:
1) Keamanan hardware
Keamanan hardware
berkaitan dengan perangkat keras yang digunakan dalam jaringan komputer.
Keamanan hardware sering dilupakan padahal merupakan hal utama untuk menjaga
jaringan dari agar tetap stabil. Dalam keamanan hardware, server dan tempat
penyimpanan data harus menjadi perhatian utama. Akses secara fisik terhadap
server dan data-data penting harus dibatasi semaksimal mungkin.
Akan lebih mudah
bagi pencuri data untuk mengambil harddisk atau tape backup dari server dan
tempat penyimpanannya daripada harus menyadap data secara software dari
jaringan. Sampah juga harus diperhatikan karena banyak sekali hacker yang
mendatangi tempat sampah perusahaan untuk mencari informasi mengenai jaringan
komputernya. Salah satu cara mengamankan hardware adalah menempatkan di ruangan
yang memiliki keamanan yang baik. Lubang saluran udara perlu diberi perhatian
karena dapat saja orang masuk ke ruangan server melaui saluran tersebut.
Kabel-kabel jaringan harus dilindungi agar tidak mudah bagi hacker memotong
kabel lalu menyambungkan ke komputernya.
Akses terhadap
komputer juga dapat dibatasi dengan mengeset keamanan di level BIOS yang dapat
mencegah akses terhadap komputer, memformat harddisk, dan mengubah isi Main
Boot Record (tempat informasi partisi) harddisk. Penggunaan hardware
autentifikasiseperti smart card dan finger print detector juga layak
dipertimbangkan untuk meningkatkan keamanan.
2) Keamanan software
Sesuai dengan
namanya, maka yang harus diamankan adalah perangkat lunak. Perangkat lunak yang
kita maksud disini bisa berupa sistem operasi, sistem aplikasi, data dan
informasi yang tersimpan dalam komputer jaringan terutama pada server.
Contohnya, jika server hanya bertugas menjadi router, tidak perlu software web
server dan FTP server diinstal. Membatasi software yang dipasang akan mengurangi
konflik antar software dan membatasi akses, contohnya jika router dipasangi
juga dengan FTP server, maka orang dari luar dengan login anonymous mungkin
akan dapat mengakses router tersebut.
Software yang
akan diinstal sebaiknya juga memiliki pengaturan keamanan yang baik. Kemampuan
enkripsi (mengacak data) adalah spesifikasi yang harus dimilki oleh software
yang akan digunakan, khusunya enkripsi 128 bit karena enkripsi dengan sistem 56
bit sudah dapat dipecahkan dengan mudah saat ini. Beberapa software yang
memiliki lubang keamanan adalah mail server sendmail dan aplikasi telnet.
Sendmail memiliki kekurangan yaitu dapat ditelnet tanpa login di port (25) dan
pengakses dapat membuat email dengan alamat palsu. Aplikasi telnet memiliki
kekurangan mengirimkan data tanpa mengenkripsinya (mengacak data) sehingga bila
dapat disadap akan sangat mudah untuk mendapatkan data.
Hal kedua yang
perlu diperhatikan adalah password. Sebaiknya diset panjang password minimum
unutk mempersulit hacker memcahkan password. Password juga akan semakin baik
jika tidak terdiri huruf atau angak saja, huruf kecil atau kapital semua, namun
sebaiknya dikombinasi. Enkripsi dapat menambah keamanan jaringan dengan cara
mengacak password dan username, baik dalam record di host maupun pada saat
password dan username itu dilewatkan jaringan saat melakukan login ke komputer
lain.
Routing tidak
terlepas pula dari gangguan keamanan. Gangguan yang sering muncul adalah
pemberian informasi palsu mengenai jalur routing (source routing pada header IP).
Pemberian informasi palsu ini biasanya dimaksudkan agar datagram-datagram dapat
disadap. Untuk mencegah hal seperti itu, router harus diset agar tidak
mengijinkan source routing dan dalam protokol routing disertakan autentifikasi
atau semacam password agar informasi routing hanya didapat dari router yang
terpercaya.
D. Kejahatan computer, internet dan teknologi
informasi
Kejahatan Komputer
adalah perbuatan melawan hukum yang dilakukan memakai komputer sebagai
sarana/alat atau komputer sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan
ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain. Kejahatan yang
berhubungan erat dengan penggunaan teknologi yang berbasis utama komputer dan
jaringan telekomunikasi ini dalam beberapa literatur dan prakteknya
dikelompokkan dalam beberapa bentuk, antara lain :
1. Illegal Access / Akses Tanpa Ijin ke Sistem
Komputer.
2. Illegal Contents / Konten Tidak Sah.
3. Data Forgery / Pemalsuan Data.
4. Spionase Cyber / Mata-mata.
5. Data Theft / Mencuri Data
6. Misuse of devices / Menyalahgunakan Peralatan Komputer
7. Cracking
8. Cyber Espionage
9. Carding
10. Defacing
11. Phising
12. Joy computing
13. Hacking
14. The trojan horse
15. Data leakage
16. Data diddling
17. Software piracy
1.2 Pengertian Teknologi dan
Informasi
Dalam Depdiknas (2007) Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) merupakan perluasan dari TI dengan menggabungkan konsep
Teknologi Komunikasi dalam TeknologiInformasi. Hal ini
disebabkan oleh begitu kuatnya keterikatan antara Teknologi Informasidengan
Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai
pengertiandari dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi,mempunyai pengertian luas yang meliputi segala hal yang
berkaitan dengan proses, penggunaansebagai alat bantu, manipulasi, dan
pengelolaan informasi.
Teknologi Komunikasi
mempunyai pengertian segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat
bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu kelainnya.
Karena itu, Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang
tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala aspek
yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer /
pemindahan informasi antar mediamenggunakan teknologi tertentu. Salah satu
peralatan TIK yang sangat diperlukan dalam berbagai bidang antara lain
komputer. Bahan kajian TIK untuk jenjang SMA standar isimencakup 3 aspek.
Masing - masing aspek meliputi kompetensi sebagai berikut:
a. Konsep, pengetahuan, dan operasi
dasar Siswa mampu mengenali secara mendalam hakekat dan dampak Teknologi
Informasi danKomunikasi, etika dan moral pemanfaatan teknologi, media massa
digital, masalahergonomis dan keamanan, dasar-dasar komputer, dan pengoperasian
teknologi multimedia.B.
b. Pengolahan informasi untuk produktifitasSiswa
mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk berbagai
macam perangkat produktifitas teknologi meliputi: penggunaan Sistem
Operasi (Operating System),melakukan setting peripheral, pengoperasian
software, pemanfaatan jaringan.
c. Pemecahan masalah, eksplorasi dan
komunikasi Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi
kehidupan nyata untuk mendapatkan informasi, mengelola gagasan, memecahkan
masalah, melakukan penelitian, dan menggunakan perangkat komunikasi untuk
mendapatkan dan mengirimkan informasi.
1.3 Pengelompokan Teknologi Informasi
a. Teknologi Masukan
Teknologi masukan (input technology) adalah teknologi yang berhubungandengan peralatan
untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Piranti masukanyang lazim dijumpai dalam sistem komputer berupa
keyboard dan mouse.
b. Teknologi Mesin Pemroses
Mesin Pemroses
(processing machine) lebih dikenal dengan sebutan CPU(Central
Processing Unit), mikroprosesor, atau prosesor. Contoh prosesor yang terkeanlsaat ini, antara lain adalah Pentium dan PowerPC.
c.
Teknologi Penyimpanan
Teknologi
penyimpanan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internaldan penyimpanan eksternal.Memori internal
(biasa juga disebut main memory atau memori utama) berfungsisebagai pengikat
sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika prosespengolahannya
dilaksanakan oleh CPU. Dua contoh memori internal yaitu ROM danRAM. ROM (Read
Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca, sedangkanRAM (Read Access Memory) adalah memori yang
isinya bisa diperbaharui.
Penyimpanan eksternal (external storage) dikenal juga dengan
sebutanpenyimpanan sekunder. Penyimpanan external adalah segala piranti yang berfungsiuntuk menyimpan data secara permanen. Pengertian permanen disini berarti
bahwadata yang terdapat pada penyimpanan akan tetap terpelihara dengan baik
sekalipunkomputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik).
Harddisk dan disket juga flashdisk
adalah contoh penyimpanan eksternal.
d. Teknologi Keluaran
Teknologi keluaran
(output technology) adalah teknologi yang berhubungandengan segala piranti yang
berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahansistem. Layar dan monitor dan printer merupakan piranti yang biasa
digunakan sebagaipiranti keluaran.
e.
Teknologi Perangkat Lunak
Perangkat lunak
(software) atau dikenal juga dengan sebutan program. Tentu saja untuk
mengerjakan tugas komputer, diperlukan perangkat lunak sendiri. Sebagaicontoh
Microsoft Word merupakancontoh perangkat lunak pengolah kata yang bergunauntuk
membuat dokumen, sedangkan Adobe Photoshop adalah perangkat lunak yangberguna untuk mengolah gambar.
1.4 Komponen Sistem Teknologi Informasi
1) Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras (Hardware)
yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses input (masukan) dan
output (keluaran). Perangkat keras terdiri dari :
1. Unit
Pemrosesan Secara Terpusat (CENTRAL PROCESSING
UNIT(CPU)
2. Perangkat
masukan (Input devices)
i.
Perangkat masukan
berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi
atau keluaran. Adapun Perangkat masukan terdiri dari : INPUT PROSES OUTPUT
3. Mouse
ü Pemakaian mouse
merupakan bagian penting dari Sistem Operasi yang menggunakan tampilan Grafik.
Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah Pointer
(Penunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada desktop (ruang
kerja) Sistem operasi.
ü Mouse terdiri dari beberapa jenis seperti :
·
Dual button
·
Three button
·
Scroll Button
4. Keyboard
Keyboard atau
papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan
sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin
ketik manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa
tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol Esc,F1,…,F12,
5. Perangkat
keluaran
6. Monitor
Monitor merupakan
salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari
proses input.
7.
Printer (Alat Cetak)
Peranti ini berfungsi untuk
mencetak proses dari masukan (Input).
8. Speaker
Peranti ini
berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer.
2) Perangkat
Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah suatu
perangkat yang berfungsi menghubungkan perangkat keras dengan pengguna.
Perangkat lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
a)
Perangkat lunak sistem Operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian
terpenting didalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi
merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras
yang dipergunakan yaitu komputer.
b) Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas
perkantoran seperti pengolah kata, lembar sebar, presentase, pengolahan halaman
web hingga perangkat media player dan sebagainya, hal ini sudah berkembang
sejak system operasi tersebut dikembangkan. Perangkat lunak aplikasi terdiri
dari
3) Brainware
Brainware (manusia) merupakan pemakai
perangkat-perangkat komputer, dan terbagi atas tingkatan pengguna :
a)
System Analyst
System analyst adalah seseorang yang melakukan
rancangan analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang programmer.
b)
Programmer
Programmer adalah seseorang yang mengerjakan
program yang berasal dari Sistem analyst.
c)
Operator
Operator adalah seseorang yang menjalankan
program yang telah dikerjakan seorang program.
1.5 Klasifikasi Teknologi Informasi
Berdasarkan data atau
sinyal masukan yang diolah, Teknologi Informasi dapat diklasifikasikan menjadi
3 bagian, yaitu :
(1) Komputer Analog
Digunakan
untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (continuous) bukan
berupa data angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik,
temperatur, kecepatan, tekanan, dan lain-lain. Output komputer analog biasanya
berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini
banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik,
penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung. Kelebihan
jenis komputer ini adalah pada kecepatan yang dimilikinya dalam menerima data
dalam besaran fisik dan langsung mengolah data tersebut tanpa harus melalui
proses konversi. Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk grafik.
Kekurangan yang dimilikinya terletak pada ketepatan yang dimilkinya masih lebih
rendah dibanding jenis komputer digital.
(2) Komputer Digital
Digunakan
untuk mengolah data dalam bentuk angka atau huruf. Jenis komputer ini biasa
digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik, comtohnya PC yang banyak digunakan
orang. Keunggulan komputer digital adalah tingkat ketepatannya yang lebih
tinggi dibanding komputer analog, dapat menyimpan data, dapat melakukan operasi
logika, data yang disimpan dapat dikoreksi, output yang dihasilkan dapat berupa
angka, huruf, grafik, atau gambar.
(3) Komputer Hybrid
Merupakan
kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. Karena digunakan untuk
aplikasi khusus, diperlukan komputer yang lebih cepat dari komputer digital dan
lebih tepat dari komputer analog.
b. Klasifikasi Teknologi Informasi Berdasarkan Fungsi
Sistem
Berdasarkan fungsinya komputer dibagi menjadi dua kategori, yaitu :
1) Special Purpose Computer
Merupakan jenis komputer yang dirancang dan
digunakan untuk tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus dan biasanya hanya
berupa satu masalah saja. Program komputer telah disediakan di dalamnya. Jenis
komputer ini dapat berupa komputer digital atau analog. Jenis komputer ini
banyak dikembangkan untuk pengendalian otomatis pada proses industri, untuk
tujuan militer atau navigasi di kapal selam dan pesawat, untuk bidang diagnosis
di kedokteran, dan sebagainya.
2) General Purpose Computer
Merupakan jenis komputer yang dirancang dan
digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Dapat digunakan untuk
menyelesaikan berbagai macam program dan permasalahan yang berbeda seperti
pengolahan kata, grafis, permainan, multimedia, dan lain-lain. Yang termasuk
dalam jenis komputer ini adalah PC (Personal Computer) yang biasa
digunakan di rumah, kantor atau sekolah.
c. Klasifikasi Teknologi Informasi
Berdasarkan Ukuran
Berdasarkan ukurannya
komputer dapat dibedakan atas :
(1) Komputer Super (Super Computer)
Super computer adalah jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling cepat. Bisa
digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks,
misalkan untuk peramalan cuaca dan oerancangan roket. Diantara jenis komputer
super yang terkenal adalah Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White
(buatan IBM / International Business Machine). Salah satu buatan IBM ini kini
digunakan oleh Depertemen Energi Amerika Serikat untuk melakukan simulasi
pengujian nuklir. Komputer ini memiliki 8192 prosesor yang dapat memproses 12,3
trilyun instruksi per detik, memakan tempat seluas 1200 kaki kuadrat (William
dan Sawyer, 2003).
Pada tahun 2002
ASCI White atau biasa juga disebut “Pacific Blue” merupakan komputer super
tercepat di dunia. Adapun komputer super tercepat kedua dibuat oleh Intel.
(2) Komputer Besar (Large Computer)
Komputer besar
biasa juga disebut mainframe merupakan jenis komputer yang digunakan
pada perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume
sangat besar. Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer
ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys. Contoh jenis mainframe yang terkenal
adalah IBM S/390 Paralel Enterprise Server.
(3) Komputer Menengah (Medium Computer)
Komputer
ini disebut juga medium-scale mainframe
computer. Komputer
jenis ini dapat mempunyai bermacam-macam alat input dan output. Biasanya
komputer ini digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan hingga ribuan
terminal yang tepisah dari komputer pusatnya.
(4) Komputer Kecil (Small Computer)
Komputer
ini disebut juga small-scale mainframe
computer. Komputer jenis ini banyak digunakan untuk multiprogramming,
multiprocessing dan virtual storage.
(5) Komputer Mini (Mini Computer)
Komputer
mini atau mini computer sering juga
disebut Midrange, biasa digunakan pada
perusahaan-perusahaan skala menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal
yang memproduksi jenis ini antara lain DEC, IBM, Hewlett Packard, dan Data
General. Contoh mainframe yang terkenal adalah IBM AS/400.
Komputer
ini bersifat multiuser. Sebuah komputer mini dapat mempunyai
beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama. Tiap terminal dapat
ditempatkan terpisah dengan komputer pusatnya. Komputer mini merupakan komputer
pertama yang diterapkan pada aplikasi pengendalian proses produksi, riset
laboratorium dan komunikasi data. Saat ini kemampuan komputer mini bisa
sebanding dengan mainframe atau supercomputer yang ada 20 silam. Saat ini
komputer mini bisa dihubungkan dengan terminal yang jumlahnya mencapai ribuan
terminal.
(6) Komputer Mikro (Micro Computer)
Komputer
mikro adalah komputer personal (personal computer/PC) yang umumnya
single user atau stand alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi
dengan periferal card untuk koneksi jaringan atau internet. PC biasanya
berupa desktop, yaitu komputer yang biasanya digunakan di meja tempat bekerja
atau belajar. Dengan perkembangan teknologi hardware PC saat ini menjadi
semakin kecil dan portabel seperti notebook yang memiliki kemampuan sama dengan
PC desktop. Oleh sebagian orang, notebook disebut sebagai laptop yang memiliki
arti yang sama. Bahkan saat ini juga terdapat PC tablet, personal Data
Asistant (PDA) atau PC saku (pocket PC) yang kemampuannya hampir
sama dengan notebook.
BAB
III
PENUTUP
3.1.
KESIMPULAN
Dengan penjelasan
yang sudah dijelaskan pada bab pembahasan di atas tadi,bisa disimpulkan bahwa
ruang lingkup teknik informatika itu sangat lah penting bagi para ahli-ahli
teknik informatika karena itu semua merupakan dasar untuk memasuki dunia teknik
informatika.
3.2.SARAN
Para ahli teknik informatika harus
selalu mengembangkan ide-ide kreatif mereka untuk kemajuan teknologi serta
untuk memajukan negara kita agar lebih bisa menjadi negara yang menjadi
pusatnya teknologi di dunia
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar