Home » » Laporan Praktikum Episode 4 (Pengenalan Operator Dasar)

Laporan Praktikum Episode 4 (Pengenalan Operator Dasar)

Written By yogi on Kamis, 06 November 2014 | 22.17



LAPORAN PRAKTIKUM DESAIN BASIS DATA
PENGENALAN OPERATOR DASAR

                                                            NIM       : 13650076
                                                            Nama     : Yogi Pradana
                                                            Kelas     : D

 
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Materi/Teori
Operator dasar dalam dalam MySQL dibagi menjadi beberapa yaitu pertama,AS yang biasa digunakan untuk menampilkan label kolom dengan  nama lain sehingga yang akan muncul dalam hasil query bukan nama asli kolom, tetapi nama yang mungkin lebih sesuai dan mudah dimengerti. AS digunakan setelah nama kolom yang akan diganti yang kemudian diikuti dengan nama penggantinya.
Kedua AND dan OR. Pada bagian sebelumnya kita menggunakan anak kalimat atau sintaks WHERE hanya pada  konteks yang sederhana. menggunakan WHERE untuk konteks yang lebih kompleks lagi, anak kalimat where yang kompleks akan bekerja dengan  baik dengan menggunakan kata AND  dan OR. Bila WHERE digunakan AND dan OR  .
BETWEEN  digunakan untuk menentukan lebar nilai dari nilai terendah dan nilai tertinggi.
Operator IN berguna melakukan pencocokan dengan salah satu yang ada pada suatu daftar nilai.
LIKE digunakan ketika kita ingin mencari sebuah data yang hanya diwakili oleh salah satu atau lebih hurufnya saja. Misalkan kita ingin mencari nama yang huruf awalnya R, maka kita harus menggunakan LIKE.
Regular Expression atau Regex, merupakan sebuah teknik atau cara untuk mencari persamaan - presamaan string atau data dan memanipulasinya. Biasanya lebih sering digunakan untuk string.
DISTINCT sering kali diperlukan untuk mengembalikan hasil dari sebuah query  dengan tidak terdapat duplikasi, artinya pada hasil outputnya tidak terjadi kesamaan data meskipun pada data sesungguhnya sangat mungkin banyak duplikasi.. Hal ini juga berlaku jika data yang ada dalam bentuk angka.
LIMIT dan OFFSET digunakan untuk membatasi jumlah output dari query berdasarkan jumlah row bukan karena kondisi seperti WHERE. Bisa dikatakan LIMIT adalah untuk menentukan jumlah baris yang akan ditampilkan yang dihitung dari baris pertama, sedangkan OFFSET digunakan untuk menghilangkan  baris  sesuai dengan jumlah yang diberikan pada OFFSET.
Hasil dari dua buah query dapat dikombinasikan dengan menggunakan UNION, EXCEPT  atau  INTERSECT. UNION digunakan untuk menggabungkan hasil dua buah query menjadi satu kolom. EXCEPT digunakan untuk menampilkan hanya query pertama saja, sedangkan hasil query kedua dan yang sama dengan hasil query kedua tidak akan ditampilkan.Perintah  INTERSECT  hanya akan menampilkan seluruh isi dari data yang memiliki kesaman diantara hasil kedua query tersebut.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1.   Hasil Praktikum
Persiapan praktikum : menggunakan tabel mahasiswa dan fakultas pada pertemuan 3. Menambahkan kolom gender di tabel mahasiswa kemudian meng-update data mahasiswa.  Meng-insert data mahasiswa hingga 7 baris.
Seperti biasanya,langkah pertama adalah mengoneksikan terlebih dahulu MySQL di Command Prompt dan di dalam MySQL,saya menggunakan database yogi13650076 untuk menampung tabel mahasiswa dan fakultas.


Sesuai perintah di praktikum,karena di dalam tabel mahasiswa tidak ada kolom gender maka harus ditambahkan kolom gender terlebih dahulu ke dalam tabel mahasiswa.

Di dalam tabel di praktikum 3 kemarin sudah ada data satu mahasiswa namun data mahasiswa tersebut belum diberi gender sehingga kita perlu meng-Update terlebih dahulu.

Selesai meng-Update data,langsung kita tambahkan 6 data lagi kedalam tabel mahasiswa agar di dalam tabel mehasiswa nanti terdapat 7 data mahasiswa.

Setelah selesai menangani tabel mahasiswa,waktunya beralih ke tabel fakultas. Dalam tabel fakultas ini,saya hanya menambahkan 2 data lagi,jika ingin menambahkan lebih dari itu juga boleh.
1.    Berdasarkan tabel yang ada di pertemuan 3,selanjutnya menampilkan data mahasiswa dengan  nama dari kolomnya  berubah menjadi nomor_identitas, nama, alamat,nama_fakultas  tanpa harus merubah nama kolom secara permanen.

 
2.    Menampilkan  nama mahasiswa  fakultas saintek  yang berjenis kelamin laki-laki.

Menampilkan nama mahasiswa fakultas saintek atau berjenis kelamin laki-laki.


3.    Di dalam tabel mahasiswa terdapat 7 baris data mahasiswa. Selanjutnya yaitu :
-          Menampilkan data mahasiswa dari nomor 3 sampai dengan 5 serta data mahasiswa yang bukan dari nomor 3 sampai dengan 5  menggunakan between. 

-          Menampilkan data mahasiswa yang bukan dari nomor 3 sampai dengan 5 tanpa menggunakan between.

4.    Menampilkan mahasiswa dengan nomor 2,3,5 menggunakan operator IN. Di tabel ini,saya menggunakan nomor 11,12,14 .

5.    Menampilkan semua data mahasiswa yang namanya mempunyai awalan huruf “a”.

6.    Menampilkan semua data mahasiswa yang namanya mempunyai akhiran “a” dan huruf ke-3 dari nama tersebut terdapat huruf “n”. 

7.    Menampilkan nomor fakultas di tabel mahasiswa dengan nomor harus tidak ada yang sama dari baris pertama sampai akhir.
Sebelum diberi query DISTINCT.

Setelah diberi query DISTINCT.

8.    Menampilkan data mahasiswa 3 baris saja. 

9.  Menampilkan data mahasiswa dengan ciri-ciri memiliki nama awalan a kemudian kata selanjutnya boleh r atau boleh t atau boleh d. misalkan yang memenuhi kriteria ciri tersebut seperti adi, atik, arif, adam dll.
*Boleh dengan awalan dan ciri yang lain namun karakteristiknya harus sesuai soal. 

10. Buatlah tabel dengan nama organ_dalam dan organ_luar sebagai berikut :
a.       Tabel organ_dalam
                    Nomor          Nama
                       1           Jantung 
                       2           Paru-paru
                       3           Tenggorokan 

b.      Tabel organ_luar
                   Nomor          Nama
                      1           Hidung 
                      2           Mata
                      3           Tenggorokan

    Menampilkan data  dari kedua tabel tersebut menggunakan UNION, EXCEPT dan INTERSECT.
-          UNION

-          EXCEPT(Dalam MySQL menggunakan NOT IN)

-          INTERSECT (Dalam MySQL menggunakan IN)


     2.2. Evaluasi perbandingan MySQL dan PostgreSQL
-          Query dalam regulation expression di MySQL tanpa menggunakan simbol melainkan menggunakan singkatan dari regulation expression itu sendiri yaitu dengan REGEXP,sedangkan di PostgreSQL menggunakan simbol ” ~ ” (tanpa tanda petik dua).
-          Query yang digunakan untuk perintah UNION di MySQL dan PostgreSQL sama.
-          Query yang digunakan untuk perintah INTERSECT di MySQL menggunakan perintah SubSELECT yang bertipe IN,sedangkan di PostgreSQL menggunkan perintah INTERSECT.
-          Query yang digunakan untuk perintah EXCEPT di MySQL menggunakan perintah SubSELECT yang bertipe NOT IN,sedangkan di PostgreSQL menggunakan perintah EXCEPT.
BAB III
PENUTUP
     3.1. Kesimpulan
No
Perintah
SQL
Contoh
1
Memberi nama kolom dengan nama lain
AS
SELECT nim_mah AS nomor_identitas,nama_mah AS nama,alamat_mah AS alamat,nama_fak AS nama_fakultas FROM mahasiswa,fakultas WHERE mahasiswa.id_fak=fakultas.id_fak;
2
AND dan OR
AND





 OR
SELECT nim_mah,nama_mah,alamat_mah,nama_fak,no_telp,gender FROM mahasiswa,fakultas WHERE( nama_fak='SAINTEK' AND gender='L') AND mahasiswa.id_fak=fakultas.id_fak;

SELECT nim_mah,nama_mah,alamat_mah,nama_fak,no_telp,gender FROM mahasiswa,fakultas WHERE( nama_fak='SAINTEK' OR gender='L') AND mahasiswa.id_fak=fakultas.id_fak;
3
Menentukan lebar nilai
BETWEEN


NOT BETWEEN


TANPA BETWEEN
SELECT*FROM mahasiswa WHERE nim_mah BETWEEN 12 and 14 ;

SELECT*FROM mahasiswa WHERE nim_mah NOT BETWEEN 12 and 14 ;

SELECT*FROM mahasiswa WHERE nim_mah < 12 OR nim_mah >14;
4
Pencocokan
IN
SELECT nim_mah,nama_mah,nama_fak FROM mahasiswa,fakultas WHERE (mahasiswa.id_fak=fakultas.id_fak) AND nim_mah IN (11,12,14);
5
Mewakili salah satu atau lebih huruf
LIKE
SELECT nim_mah,nama_mah,alamat_mah,nama_fak,no_telp,gender FROM mahasiswa,fakultas WHERE (nama_mah LIKE 'a%') AND mahasiswa.id_fak=fakultas.id_fak;
6
Mencari persamaan-persamaan string atau data dan memanipulasi
REGULATION EXPRESSION (REGEXP)
SELECT*FROM mahasiswa WHERE nama_mah REGEXP'a[rtd]';
7
Mengembalikan hasil dari sebuah query
DISTINCT
SELECT DISTINCT id_fak  FROM mahasiswa;
8
Membatasi jumlah output
LIMIT
SELECT*FROM mahasiswa LIMIT 3;
9
Menggabungkan hasil dua buah query menjadi satu kolom
UNION
SELECT*FROM organ_dalam UNION SELECT*FROM organ_luar;
10
Menampilkan hanya query pertama
EXCEPT
SELECT no,nama FROM organ_dalam WHERE  nama NOT IN (SELECT nama FROM organ_luar);
11
Menampilkan seluruh isi dari data
Yang memiliki kesaman diantara hasil kedua query tersebut
INTERSECT
SELECT no,nama FROM organ_dalam WHERE  nama IN (SELECT nama FROM organ_luar);


     3.2. Saran
Dalam penulisan query dasar harus lebih teliti dan lebih cermat antara query di PostgreSQL dengan MySQL. Dalam opertaor dasar di PostgreSQL dengan MySQL yang membedakan ketika penggunaan query di EXCEPT dan Intersect karena query yang digunakan di MySQL menurut saya lebih rumit dibandingkan dengan query yang ada di PostgreSQL.

     3.3. Kritik
Penulisan query pada MySQL jangan menggunakan huruf campuran maksudnya huruf kecil dicampur dengan huruf besar yang efeknya bisa dirasakan ketika tabel yang kita buat bermasalah.

     3.4. Manfaat bagi pembaca
Dengan diluncurkannya laporan praktikum desain basis data episode ke-4 ini bisa membuat para pembaca mengetahui operator-operator dasar yang ada di bahasa SQL,yang mana nantinya bisa digunakan dalam pengembangan perancangan suatu sistem informasi.

DAFTAR PUSTAKA
Modul Praktikum Desain Basis Data.2014

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Aa | Bb | Cc
Copyright © 2013. MEDIA INOVASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by My Blogger
Proudly powered by Blogger
Back to Top