Home » » Laporan Praktikum Episode 7 (Sub Query dan Indeks)

Laporan Praktikum Episode 7 (Sub Query dan Indeks)

Written By yogi on Minggu, 09 November 2014 | 12.07

LAPORAN PRAKTIKUM DESAIN BASIS DATA
SUB QUERY DAN INDEKS




         NIM       : 13650076
         Nama     : Yogi Pradana
         Kelas     : D

   


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Materi/Teori
           ·         SELECT INTO STATEMENT
Query select into statement merupakan query  SQL yang digunakan untuk mengopi informasi dari tabel ke tabel yang lain tanpa membuat tabel sebelumnya. Berikut struktur query penggunaan select into statement  untuk mengopi semua data dari tabel1 ke tabel yang baru : SELECT * INTO newtable FROM table1;
Berikut struktur query penggunaan select into statement untuk mengopi data berdasarkan kolom tertentu dari tabel1 ke tabel yang baru :
SELECT column_name(s) INTO newtable [IN externaldb] FROM table1;
           ·         SUB QUERY
          Subquery  atau query Nested merupakan bentuk query yang terdapat dalam query yang lain.                Subquery  dapat  ditempatkan dalam klausa where, having, from  bersama dengan operator                 perbandingan seperti =  untuk baris tunggal dan untuk baris berganda menggunakan    in,  not  in  atau <>,  < any, >, >=,<=.  Penggunaan sub query dapat diterapkan pada pernyataan                       SELECT,UPDATE, DELETE, dan INSERT.  Bentuk penggunaannya sebagai berikut :
          Select nama_kolom from nama_tabel where nama_kolom operator (subquery);
         ·         INDEKS
         Indeks disini berguna dalam suatu pencarian nilai atau data dalam database. Dalam suatu kasus            ketika mengakses sebuah tabel biasanya DBMS akan  membaca seluruh tabel baris perbaris                hingga selesai. Ketika baris sangat banyak dan hasil dari query hanya sedikit, maka hal ini sangat tidak efisien. Seperti halnya ketika kita membaca sebuah buku dan ingin mencari kata atau istilah tertentu dalam buku maka biasanya akan di cari dengan membuka setiap halaman dari awal sampai akhir. Dengan adanya indeks buku maka kita cukup dengan membuka indeks,sehingga akan cepat dalam pencarian kata tersebut.  PostgreSQL tidak bisa membuat indeks dengan  otomatis, sehingga  user dapat membuat indeks tersebut untuk sering kali digunakan kolom,  biasanya dalam clause WHERE. Berikut struktur SQL :
       CREATE INDEX nama_index ON nama_tabel (nama kolom);
       Untuk menghapus index berikut strukturnya :
       DROP INDEX Nama_index;
       ·         KOLOM UNIK
Unique berfungsi untuk menjaga agar tidak terjadinya duplikasi nilai (kesamaan data) dalam sebuah kolom, hal  ini dapat ditangani dengan membuat sebuah indeks  unik atau fungsi unik sendiri pada kolom yang dimaksud. Unique ini sering digunakan dalam pembuatan  bukan primary key namun membutuhkan cek dupikasi agar tidak ada yang sama, karena dalam primary key sudah otomatis mempunyai sifat unik. Berikut Struktur SQL saat pembuatan tabel baru :
  CREATE TABLE nama_tabel (nama_kolom tipe_data unique); 
Ketika tabel sudah ada kita bisa menggunakan  cara seperti pada BAB. 2 berikut struktur SQL nya :
ALTER TABLE nama_tabel ADD UNIQUE (nama_kolom);
Untuk menghapus unique berikut caranya :
ALTER TABLE nama_table DROP CONSTRAINT NAMA_CONSTRAIN KOLOM UNIK
Unique berfungsi untuk menjaga agar tidak terjadinya duplikasi nilai (kesamaan data) dalam sebuah kolom, hal  ini dapat ditangani dengan membuat sebuah indeks  unik atau fungsi unik sendiri pada kolom yang dimaksud. Unique ini sering digunakan dalam pembuatan  bukan primary key namun membutuhkan cek dupikasi agar tidak ada yang sama, karena dalam primary key sudah otomatis mempunyai sifat unik. Berikut Struktur SQL saat pembuatan tabel baru :
  CREATE TABLE nama_tabel (nama_kolom tipe_data unique);
·         CHECK
Check berfungsi untuk melakukan pembatasan nilai masukan dalam sebuah kolom, sebagai  contoh misalkan kita ingin agar kolom  gender  yang terdiri dari satu karakter hanya memiliki dua pilihan karakter yaitu M  (male) atau F  (Fimale) ini dapat kita seting dengan menggunakan CHECK. Dengan menggunakan CHECK maka sebuah kolom hanya bisa diisi dengan data  yang memenuhi kriteria dalam CHECK
·         Penggunaan TRIM
Suatu ketika pasti akan memiliki data yang di dalamnya terdapat spasi kosong yang tidak diperlukan, misalnya spasi ganda. Jika ada masalah seperti ini, kita dapat membersihkan  spasi-spasi kosong yang tidak diperlukan menggunakan fungsi TRIM, RTRIM, dan LTRIM. Ketiga fungsi ini memiliki bentuk penggunaan sebagai berikut :
-          RTRIM : digunakan untuk membersihkan spasi kosong yang ada di bagian kanan (Right) String.
-          LTRIM : digunakan untuk membersihkan spasi kosong yang ada di bagian kiri (Left) String.
-          TRIM : digunakan untuk membersihkan spasi kosong yang ada di bagian kiri, kanan, maupun tengah String
Berikut Struktur SQL nya :
Select trim(nama_kolom) from nama_tabel;
Dalam penggunaannya, fungsi TRIM memiliki tiga opsi. Ketiga opsi ini dapat digunakan untuk menentukan karakter apa yang akan dihapus dari suatu String. Jadi, fungsi TRIM juga dapat menghilangkan karakter tertentu (bukan spasi kosong saja) dari suatu string. Opsinya sebagai berikut :
-          LEADING  : merupakan opsi untuk menghilangkan  karakter terpilih yang ada di sebelah kiri. Parameter Leading diartikan sebagai sufik dari karakter yang ada. 
-          TRAILING  : merupakan opsi untuk menghilangkan karakter terpilih yang ada di sebelah kanan String. Parameter Trailing diartikan sebagai sufik dari  karakter yang ada.
-          BOTH : merupakan opsi yang dapat menangani parameter Leading maupun Trailing.
Berikut Struktur SQL nya :
Select trim(LEADING ‘karakter, misal : -’ from nama_kolom) from nama_tabel;


BAB II
PEMBAHASAN
2.1.   Hasil Praktikum
     1.       Menampilkan nama fakultas dan jumlah mahasiswa yang mampunyai ketentuan nama fakultas             yang dimunculkan dengan jumlah mahasiswanya terkecil
      2.       Menampilkan nama mahasiswa, nama fakultas, alamat dengan syarat nama fakultas sama
       dengan edi dan alamatnya tidak sama dengan luki
      3.       Membuat index di tabel mahasiswa(alamat). Kemudian buat  lagi index yang bersifat unik pada  tabel  fakultas(fak_nama)  kemudian amati perbedaannya  ketika memasukkan data yang sama!
              


       Perbedaaan yang terjadi :

                                     

                                     
      4.       Buat  kolom nama di mahasiswa menjadi unik dan inputkan 2 data yang sama. Kemudian amati          perbedaannya !

       Setelah diinputkan 2 data yang sama :
      5.       Pindahkan data dari tabel mahasiswa, fakultas ambil kolom nim, nama mahasiswa, alamat, nama       fakultas ke tabel baru yang dinamai "identitas".
     6.       Buatlah contoh penggunaan check pada sub bab pembahasan CHECK. Kemudian masukkan               beberapa data baik yang sesuai dengan criteria check maupun yang bukan dan amati                             perbedaannya.
      ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    7.       Inputkan data di  tabel mahasiswa dimana pada kolom nama sebelum inputkan karakter dahulukan     dengan spasi dan di  akhiri  dengan  tanda  “+”    seperti  berikut  :  “   paloh+++”. kemudian               munculkan seluruh data dan hilangkan spasi didepan!

   8.       Munculkan data mahasiswa dengan hilangkan karakter “+” di akhir data dan karakter “a” di awal         kata pada kolom nama!

2.2.   Evaluasi PostgreSQL dan MySQL
-          Ketika drop index menggunakan postgreSQL, perintah yang  digunakan adalah Drop index nama_index; Sedangkan pada MySQL menggunakan perintah : Alter table nama_table_dari_Index drop index nama_index;
-          Ketika memindahkan data dari tabel mahasiswa di PostgreSQL cukup memberikan perintah kolom mana yang ingin ditampilkan kemudian langsung memasukkan kedalam tabel identitas seperti berikut : Select nim_mah, nama_mah, alamat_mah, nama_fak into identitas from mahasiswa,fakultas; sedangkan di MySQL harus membuat tabel setelah itu baru memasukkan kolom ke dalam tabel identitas,perintahnya sebagai berikut : CREATE TABLE identitas SELECT nim_mah, nama_mah, alamat_mah, nama_fak FROM mahasiswa,fakultas WHERE mahasiswa.id_fak=fakultas.id_fak;


BAB III
PENUTUP
  3.1. Kesimpulan
-          Query select into statement merupakan query  SQL yang digunakan untuk mengopi informasi dari tabel ke tabel yang lain tanpa membuat tabel sebelumnya.
-          Subquery  atau query Nested merupakan bentuk query yang terdapat dalam query yang lain.
-          Indeks disini berguna dalam suatu pencarian nilai atau data dalam database. 
-          Unique berfungsi untuk menjaga agar tidak terjadinya duplikasi nilai (kesamaan data) dalam sebuah kolom, hal  ini dapat ditangani dengan membuat sebuah indeks  unik atau fungsi unik sendiri pada kolom yang dimaksud.
-          Check berfungsi untuk melakukan pembatasan nilai masukan dalam sebuah kolom
-          Perintah TRIM dibagi menjadi 3 yaitu :
§  RTRIM : digunakan untuk membersihkan spasi kosong yang ada di bagian kanan (Right) String.
§  LTRIM : digunakan untuk membersihkan spasi kosong yang ada di bagian kiri (Left) String.
§  TRIM : digunakan untuk membersihkan spasi kosong yang ada di bagian kiri, kanan, maupun tengah String
  3.2. Saran
Pada praktikum ke tujuh ini sangat menguras pikiran karena query-querynya adalah penggabungan dari query-query yang ada di praktikum-praktikum sebelumnya sehingga untuk masuk ke tahap praktikum ini,terlebih dahulu harus mengetahui query yang ada di praktikum-praktikum sebelumnya.
  3.3. Kritik
Jangan terlalu terpaku pada query yang ada di praktikum karena query yang ada di praktikum bisa jadi sama dan bisa jadi berbeda.
  3.4. Manfaat bagi pembaca
Dengan diluncurkannya laporan praktikum desain basis data episode ke-7 ini bisa membuat para pembaca mengetahui sub-sub query yang ada di MySQL.

DAFTAR PUSTAKA
Modul Praktikum Desain Basis Data.2014



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Aa | Bb | Cc
Copyright © 2013. MEDIA INOVASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by My Blogger
Proudly powered by Blogger
Back to Top